Amalan dan Doa Diberi Anak Sholeh

Setelah Menikah tentu saja semua ingin segera punya momongan. Dari banyak hadis, para ulama memberikan tuntungan islami agar segera mendapatkan momongan anak yang sholeh.



Ada Nasihat indah dari Nabi Muhammad SAW kepada mantunya yaitu Ali Bin Abi Thalib tentang etika dan tips pengantin baru agar cepat diberi momongan. Berikut nasihatnya :




1. Hindari Cuka

 Abu Said Al-Khudri meriwayatkan Rasulullah SAW pernah berwasiat kepada menantunya yaitu Ali Bin Abi Thalib "Cegahlah istrimu (selama seminggu dari awal perkawinan) minum susu dan cuka, makan kuzbarah (sejenis rempah-rempah) dan apel yang asam.
   Ali bertanya : Ya Rasulullah mengapa ia dilarang dari empat hal tersebut? Rasulullah SAW menjawab: Empat hal tersebut dapat menyebabkan istrimu mandul dan tidak membuahkan keturunan, sementara tikar dirumahmu lebih baik dari perempuan yang mandul. 
  Dalam lanjutan hadis tersebut sahabat ali bertanya : Ya Rasulullah, mengapa ia tidak boleh minum cuka? Rasulullah mejawab : Cuka dapat menyebabkan tidak sempurna kesucian dari haidnya. Kuzbarah menyebabkan dari haid berakibat negatif terhadap kandungannya dan mempersulit kelahiran. sedangkan apel yang asam dapat menyebabkan darah haid terputus sehingga menyebabkan penyakit baginya.


2. Memilih Waktu

   Selain Makanan, perhatikan juga waktu berhubungan suami istri. 1). Hindari hubungan tepat di awal bulan (Bulan Hijriah), tengah bulan, dan akhir bulan. sebab hal itu mempercepat datangnya penyakit gila, kusta dan kerusakan syaraf padanya dan keturunannya. 2). Hindari hubungan sesudah Dzuhur, karena hal itu (bila dianugrahi anak) dapat menyebabkan jiwa anak mudah goncang, dan setan sangat menyukai jiwa yang yang goncang. 3). hindari hubungan badan anatara adzan dan iqomah.


3. Menjaga Beretika

   Selain memperhatikan waktu, perhatikan juga etika berhubungan. ketika berhubugan, jangan sambil berbicara. Dan janganlah seorang suami melihat kemaluan istrinya karena bisa menyebabkan kebutaan ke[ada bayi (Pesan Rasulullah SAW). 
   Etika lainnya jangan membayangkan oranglain saat berhubungan. Sebab dikhawatirkan mengalami gangguan kejiwaan. Selain itu hindari hubungan tanpa busana. Dalam hadis disebutkan syahwat suami-istri tidak seimbang, itupun dapat memicu percekcokan sehingga menyebabkan perceraian. 


4. Berwudlu Dahulu

    Satu hal yang tidak kalah penting, sebelum kita berhubungan disunatkan untuk berwudlu terlebih dahulu. Nabi berpesan kepada Ali Bin Abi Thalib : "Wahai Ali jika isterimu hamil, janganlah menggaulinya kecuali kamu dalam keadaan berwudlu, karena hal itu bisa menyebabkan Ia buta hatinya dan bakhil tangannya. 

Itulah sedikit ulasan tentang amalan dan doa supaya diberi anak yang sholeh. Semoga dengan niat yang baik dan tawakal, doa kita untuk segera diberi momongan yang sholeh segera dikabulkan oleh ALLAH SWAT.